• Selamat Datang di Website Resmi Program Pascasarjana Universitas Warmadewa. Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : pascasarjana.unwar@yahoo.co.id, Telp. 081547397113

Seminar Nasional Serangkaian HUT Ke-3 Prodi MKN Pascasarjana Unwar

  • 19 Januari 2019
  • 247 Pengunjung
Seminar Nasional Serangkaian HUT Ke-3 Prodi MKN Pascasarjana Unwar
Prodi MKn PPs Unwar Rayakan HUT ke-3
Gelar Seminar Nasional "Urgensi Perubahan Kurikulum Program Studi Magister Kenotariatan dalam Perspektif Revolusi Industri 4.0"
 
 
Merayakan HUT ke-3, Program Studi Magister Kenotariatan (Prodi MKn) Pascasarjana Universitas Warmadewa (PPs Unwar) menggelar Seminar Nasional dengan tema "Urgensi Perubahan Kurikulum Program Studi Magister Kenotariatan dalam Perspektif Revolusi Industri 4.0" di Ruang Sidang Sri Ksari Warmadewa Mandapa Lt. 4 Gedung Rektorat, Sabtu (19/1). Seminar Nasional ini menghadirkan 4 narasumber, yaitu Dr. Anak Agung Istri Agung, SH.,M.Kn., Dr. Made Hendra Kusuma, SH.,Sp.Kn. (Pengwil INI Bali), Dr. Irwan Santosa, SH.,M.Kn. (Ketua Umum PP IPPAT), dan Prof. Dr. Yuda Hernoko, SH.,MH.
 
Seminar Nasional dibuka langsung oleh Direktur PPs Unwar, Prof. Dr. Ir. Gde Suranaya Pandit, MP., yang dihadiri Sekretaris PPs Unwar, Kaprodi MKn PPs Unwar, Dr. I Nyoman Sujana, SH., M.Hum., beserta Sekretaris Prodi MKn PPs Unwar, Dr. Luh Putu Sudini, SH.,M.Hum., para dosen MKn dan seluruh mahasiswa Prodi MKn, serta alumni Prodi MKn PPs Unwar.
 
Seusai Seminar Nasional, dilanjutkan dengan perayaan puncak HUT ke-3 Prodi MKn yang ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur Prodi MKn atas pencapaian yang telah diraih selama 3 tahun terakhir. 
 
Puncak HUT MKn ke-3 dihadiri Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Rektor Unwar, Wakil Rektor I dan II Unwar, Direktur dan Sekretaris Direktur PPs Unwar, Dekan di lingkungan Unwar, Kaprodi dan Sekretaris Prodi MKn, Kaprodi dan Sekretaris Prodi di lingkungan Pps Unwar, para dosen MKn dan seluruh mahasiswa Prodi MKn, serta alumni Prodi MKn PPs Unwar.
 
Kaprodi MKn PPs Unwar, Dr. I Nyoman Sujana, SH., M.Hum., mengatakan meskipun Prodi MKn merupakan Prodi paling bungsu yang ada di Unwar dan baru berusia 3 tahun, namun perkembangannya sangat pesat. Pasalnya, saat ini Prodi MKn telah meluluskan sebanyak 49 mahasiswa dan saat ini memiliki sebanyak 95 mahasiswa aktif. Bahkan, dari semua lulusan tersebut semuanya telah terserap dilapangan kerja dan sebagian besar telah dinyatakan lulus dan diterima sebagai anggota luar biasa Ikatan Notaris Indonesia (INI) wilayah Provinsi Bali.
 
Dengan perkembangan Prodi MKn yang begitu pesat tersebut, pihaknya berharap Prodi MKn lebih diapresiasi oleh masyarakat. Apalagi, pihaknya akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan terus mengupdate kurikulum sesuai dengan perkembangan zaman. Sebab, di era revolusi industri 4.0 ini, mahasiswa harus aktif terhadap perkembangan teknologi dan informasi. Sehingga, mahasiswa tidak ketertinggalan dengan perkembangan zaman yang serba digital ini.
 
Direktur PPs Unwar, Prof. Dr. Ir. Gde Suranaya Pandit, MP., mengatakan meskipun usia Prodi MKn PPs Unwar baru berusia 3 tahun, namun sudah mampu berkiprah di tingkat lokal maupun nasional. Hal ini dibuktikan dengan capaian-capaian yang telah dihasilkan selama 3 tahun terkahir. Pihaknya berharap pada HUT ke-3 ini bisa dijadikan momentum untuk merencanakan program-program yang lebih berkualitas ke depannya. 
 
Apalagi dengan Seminar Nasional ini, diharapkan kurikulum yang telah dilaksanakan oleh Prodi MKn yang berbasis kompetensi perlu dievaluasi untuk menyikapi revolusi industri 4.0. Sehingga, langkah-langkah perjanjian dalam Kenotariatan untuk menyelesaiakan permasalahan secara mediasi bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi. "Inilah (teknologi informasi-red) yang akan dicoba untuk dipadukan. Karena mau tidak mau, suka tidak suka revolusi industri 4.0 akan menjadi sentral dari seluruh aktivitas, baik itu bisnis, pendidikan, maupun politik, termasuk juga dibidang perjanjian,"tandas Prof. Pandit,
 
Salah satu Apumni Prodi MKn PPs Unwar, Ni Luh Supadmi Indrawati, SH.,M.Kn., berharap Prodi MKn ke depan bisa lebih maju dan lebih bekembang dari sebelumnya. Sehingga, lulusannya bisa lebih bersaing dmegam lulusan dari perguruan tinggi lainnya. Apalagi, sarana dan prasarana, serta pelayanan yang diberikan Prodi MKn selama dirinya mengikuti perkuliahan sangat baik, yang ditunjang dengan tenaga pengajarnya yang handal dibidang kenotariatan. "Sebagai Alumni saya berharap agar Prodi MKn Warmadewa tetap memberikan pelayanan terbaiknya, sehingga lulusannya terus bisa bersaing dengan lulusan kenotariatan lain dari berbagai kampus,"harap Perempuan yang saat ini magang di BPN Singaraja tersebut. 
 
Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., yang hadir saat Perayaan HUT ke-3 MKn mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-3 untuk prodi MKn Unwar. Ia mengatakan hari ini merupakan hari yang berbahagia karena Magister Kenotariatan melaksanakan hajatan ulang tahun yang ke-3. Diharapkan prestasi gemilang tahun sebelumnya bisa lebih ditingkatkan untuk tahun mendatang. “Semoga di dalam ulang tahun yang ke-3 ini memberikan inspirasi kepada seluruh civitas akademika, khususnya di pascasarjana untuk lebih meningkatkan upayanya agar dalam waktu yang tidak lama MKn dapat memperoleh pretikat unggul” ungkapnya.
 
Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si. yang juga hadir saat perayaan mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-3 untuk Prodi MKn PPs Unwar. pada kesempatan tersenut, Pihaknya mengajak Prodi MKn untuk terus berpandangan ke depan untuk terus memperbaiki kualitas diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khusunya mahasiswa. Sehingga mampu menciptakan SDM kenotariatan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dalam menghadai era revolusi industry 4.0. Apalagi, saat ini Unwar telah merekrut seorang dosen bergelar Doktor di Fakultas Hukum yang mempunyai kompetensi dalam pengembangan E-Notaris. Meskipun Undang-Undang tentang E-Notaris saat ini belum ada, namun persiapan harus dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut ke depannya. “Ulang tahun ini sebagai momen untuk  intropseksi diri tentang apa yang telah dicapai dan apa yang belum bisa dicapai sebelumnya, sekaligus momen untuk restrospeksi diri untuk memprogramkan hal-hal yang besar ke depannya. Dan seminar kali ini merupakan gagasan besar bagi para profesi notaris untuk mengantisipasi perkembangan revolusi industry 4.0,”pungkasnya.
  • 19 Januari 2019
  • 247 Pengunjung

Lainnya

Pencarian

 

Galeri Video & Foto

Galeri Foto Foto Lainnya
Galeri Video Video Lainnya